Minggu, 16 Desember 2012

Selayang Pandang Negeriku Tercinta, Indonesia


Indonesia adalah negeri yang sangat asri dimana di dalamnya tersimpan sumber daya alam yang melimpah ruah dan panorama indah yang terbentang di sepanjang kepulauan nusantara. Kata Indonesia itu sendiri diambil dari bahasa latin ‘Indus’ yang berarti ‘Hindia’ dan dari bahasa Yunani ‘nesos’ yang berarti ‘pulau’. Jika digabungkan, maka kata Indonesia berarti kepulauan yang berada di Hindia. Secara geografis, negara Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia tepatnya berada pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT serta dilewati oleh garis khatulistiwa. Oleh karenanya, Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan agak tinggi dan suhu panas udara yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti Sudan, Mesir dan Arab Saudi. Penduduknya yang mayoritas Islam dan dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak didunia ini terdiri dari berbagai suku seperti suku jawa, sunda dan madura dengan menggunakan bahasa daerah yang berbeda-beda namun tetap menggunakan bahasa resmi negara Bahasa Indonesia yang diajarkan disekolah dan hampir semua orang menguasainya.

Pulau-pulau yang tersebar luas ini juga menyimpan berbagai panorama, peninggalan-peninggalan sejarah yang berharga, warisan budaya yang terjaga sehingga membuat orang berdecak kagum. Misalnya, Candi Borobudur yang merupakan candi budha terbesar didunia dan termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia, puncak Jayawijaya yang dihiasi oleh salju abadi, pulau komodo yang didalamnya terdapat kadal terbesar didunia atau biasa disebut hewan komodo, danau tiga warna Kelimutu yang mana dapat berubah warna setiap saat. Dari yang tadinya merah berubah menjadi hijau tua dan kemudian merah hati, hijau tua berubah menjadi hijau muda, coklat kehitaman menjadi biru langit, dan masih banyak lagi keindahan alam Indonesia yang menjadi nilai plus.
Dibidang busana warisan budaya, Indonesia mempunyai kerajinan batik yang diakui oleh dunia. Beberapa daerah yang terkenal dengan industri batik antara lain Cirebon, Pekalongan, Yogyakarta dan Tasikmalaya. Sementara dibidang kuliner, Indonesia pun mempunyai beragam menu masakan dengan cita rasa yang khas dan unik. Seperti empal gentong, soto, perkedel, gudek, dll...
Itulah sepetik gambaran tentang negaraku, negara Indonesia.... 

2 komentar:

Anaa Amatullah mengatakan...

Jadi nambah semangat nasionalisme ni. Thanks sharingx.

Unknown mengatakan...

U'r welcome...